Warna Mutiara, Ini Dia Fakta yang Harus Kamu Tahu!

21 / 07

2020

BERLIAN

Ini Dia Beberapa Fakta Warna Mutiara yang Harus Kamu Tahu!

Tags: warna mutiara, mutiara, fakta mutiara, jenis mutiara

 

Saat berbicara tentang warna mutiara, pasti orang-orang banyak yang beranggapan warnanya hanya putih atau krem. Tak ada salahnya sih, karena warna putih atau krem adalah warna yang sangat umum untuk mutiara.

Tapi, sebenarnya ada berbagai macam warna mutiara yang tersedia di pasaran saat ini. Nah, penting sekali untuk mengetahui fakta-fakta tentang warna mutiara ini, sehingga kamu bisa mencocokkannya dengan gaya pribadimu dan bisa memilih warna mutiara yang cocok dengan pakaianmu.

Apa yang Menentukan Warna Mutiara Asli?

warna mutiara

Warna mutiara ditentukan secara genetik oleh inang moluska. Berbagai jenis moluska dapat menghasilkan mutiara dalam berbagai warna. Warna mutiara yang dihasilkan juga dapat dipengaruhi oleh kondisi air, penyakit, atau pasokan nutrisi. 

Mutiara biasanya menunjukkan warna tubuh inang mereka. Warna tubuh meliputi putih, perak, krem, kuning keemasan, abu-abu, atau hitam. Cara lain untuk mendapatkan warna mutiara adalah dari pigmen mikroskopis di dalam lapisan conchiolin. 

Conchiolin adalah "lem" organik yang menyatukan lapisan aragonit kristal yang merupakan zat pembentuk mutiara. Conchiolin menyatukan platelet-platelet ini (bayangkan struktur mutiara seperti dinding bata, dan conchiolin adalah semen yang menyatukannya).

Berbagai Warna Mutiara Laut dan Air Tawar

warna mutiara

Berikut ini adalah beberapa warna mutiara laut maupun air tawar yang paling banyak ditemukan.

Mutiara Putih

Mutiara Akoya, South Sea, dan air tawar semuanya dapat ditemukan berwarna putih. Mereka sering memiliki warna mawar, perak, atau gading. Mutiara putih adalah pilihan klasik dan cocok dengan apa saja. Ia juga sangat berharga bahkan sampai generasi-generasi berikutnya. Mutiara yang paling populer adalah mutiara Akoya putih.

Mutiara Hitam

Mutiara hitam memberi kesan yang lebih eksotis. Mutiara Tahitian dan Laut Cortez biasa berwarna hitam alami, dan namun varietas lainnya dapat diberi warna. Mutiara hitam sering memiliki pantulan warna pelangi yang indah.

Mutiara Emas

Mutiara Laut Selatan atau South Sea Pearls berwarna emas secara alami. Mutiara ini berukuran besar, berkisar antara 9 mm hingga 16 mm, dan dikatakan dapat membawa kekayaan dan kemakmuran bagi pemiliknya.

 

Mutiara Merah Mudah dan Peach

Mutiara air tawar dibudidayakan di Cina untuk memproduksi mutiara merah muda yang indah. Mutiara ini sering memiliki warna emas, hijau, dan aquamarine. Mutiara-mutiara ini dapat dibudidayakan hingga mencapai ukuran 16 mm, meskipun mereka biasanya berkisar antara 6 hingga 9,5 mm.

Mutiara Biru

Mutiara yang berwarna biru alami sangat langka. Mutiara Akoya, Laut Selatan, Tahitian, dan Laut Cortez dapat ditemukan dalam warna biru, dengan nuansa menakjubkan. Namun, beberapa orang menganggap bahwa warna yang indah ini sebenarnya adalah hasil dari gangguan metabolisme dalam moluska, itulah mengapa mutiara ini sangat langka.

Mutiara Cokelat

Mutiara Tahiti kadang-kadang berwarna cokelat alami, namun mutiara ini (juga mutiara air tawar) bisa saja diberi pewarna cokelat. Ukurannya rata-rata adalah 10 hingga 12 mm, jadi mutiara ini cukup besar.

 

Mutiara, terutama mutiara air tawar, juga dapat diberi perwarna untuk membantumu menemukan perhiasan mutiara dalam warna yang diinginkan. Pastikan untuk mengingat gaya pribadimu ketika membeli perhiasan mutiara agar bisa melengkapi outfitmu dengan sempurna. 

Apa pun yang kamu pilih, perhiasan mutiara pasti akan menjadi tambahan yang menakjubkan untuk koleksi perhiasanmu!

COMMENT

Related Article

Artikel Sebelumnya
 
sales avatar