Harga Emas di Tahun 2020, Ini Dia Prediksinya

13 / 01

2020

INVESTASI EMAS

Mau Investasi Emas Tahun 2020? Baca Prediksinya di Sini!

Tags: investasi emas, logam mulia, emas batangan, harga emas, prediksi harga emas

 

Investasi emas memang cenderung mudah dan memiliki banyak keuntungan. Logam mulia adalah investasi safe haven yang melindungi investor dari ketidakpastian politik dan ekonomi, volatilitas pasar, dan inflasi yang tinggi. 

Saat berinvestasi emas, penting untuk memerhatikan pergerakan harganya setiap hari dan dari tahun ke tahun. Nah, di tahun 2020, ke arah mana pergerakan harganya menuju? Simak prediksinya di sini, ya!

Kinerja Emas pada 2019

emas logam mulia

Sejauh ini, 2019 telah terbukti sebagai tahun yang positif untuk emas. Meskipun harganya naik turun, harganya berhasil mengalami kenaikan sekitar 10% di paruh pertama tahun 2019. 

Spot price (harga spesifik di waktu tertentu) di mana emas dapat dibeli dan dijual saat ini adalah 1,469 dolar AS per ons. Ini sedikit turun dari harga tertinggi selama enam tahun terakhir pada bulan September 2019 di angka 1.548 AS dolar tetapi tren kenaikan tampaknya didukung dengan baik.

Apa yang Mempengaruhi Harga Emas?

emas batangan

Ada beberapa hal yang mempengaruhi harga emas terutama di tahun 2020 ini, termasuk kondisi geopolitik. Berikut ini adalah beberapa faktornya.

Permintaan Pasar

Harga emas dipengaruhi oleh hukum penawaran dan permintaan. Jika pembeli mencoba membeli emas, penjual dapat menaikkan harga untuk membuat pembeli menawar lebih tinggi. Jika banyak penjual tersedia, pembeli dapat menawar lebih rendah, dan harganya terpaksa turun.

Perang Dagang AS dan Cina

Harga emas dipengaruhi oleh banyak pengaruh global. Ketegangan geopolitik antara AS dan Iran dan perang perdagangan antara Cina dan AS hanyalah dua faktor yang telah mempengaruhi ekonomi global baru-baru ini. Bank-bank di Selandia Baru, India, dan Thailand telah memangkas suku bunga untuk melindungi diri mereka sendiri.

AS, yang telah melakukan tiga kali pemotongan suku bunga tahun ini, kemungkinan akan memotong lebih banyak lagi, yang akan melemahkan dolar. Karena emas dinilai dalam mata uang ini, harga emas kemungkinan bisa naik.

Kondisi Politik Eropa

Jerman nyaris menghindari resesi dan Brexit semakin menghantui. Jika Inggris dan Uni Eropa tidak bisa membuat kesepakatan, nilai poundsterling bisa melemah, dan mendorong harga emas naik.

Keluarnya Inggris sepenuhnya dari Uni Eropa juga bisa menekan poundsterling jika ekonomi Inggris melambat. Sekali lagi ini akan menyebabkan harga emas naik. Jika Brexit dibatalkan, harga emas kembali normal dan permintaan emas dikaitkan lagi dengan kekuatan nilai dolar.

Prediksi Harga Emas di Tahun 2020

emas batangan

Adapun perkiraan untuk 2020, banyak analis percaya tren akan berlanjut dan memperkirakan harga 1.500 AS dolar per ons pada awal 2020. Analis di TD Securities berpendapat harganya akan mencapai 1.600 AS dolar, sementara analis di Goldman Sachs bahkan memperkirakan 1.650 AS dolar atau lebih tinggi.

Pengusaha dan pemodal pertambangan Kanada, Frank Giustra, sangat percaya kita semua harus memiliki emas sebagai bagian dari portofolio investasi. Dia tidak hanya melihatnya sebagai bentuk asuransi di tengah gejolak iklim global saat ini, dia juga percaya bahwa ketika suku bunga sedang diturunkan di banyak negara, harga emas akan semakin meningkat.

 

Meskipun prediksi harga emas tidaklah 100% akurat, jadikanlah ini sebagai pedoman kamu untuk mengantisipasi pergerakan harga emas agar bisa mengetahui kapan harus membeli dan menjual emasmu.

COMMENT

Related Article

Artikel Sebelumnya
 
sales avatar