Perhiasan Emas 24 Karat, Kenapa Tidak Disarankan Memilihnya?

16 / 03

2020

PERHIASAN

Kenapa Tidak Disarankan Memilih Perhiasan Emas 24 Karat?

Tags: perhiasan emas, perhiasan emas murni, perhiasan emas asli, perhiasan emas 24K

 

Emas 24K adalah emas dengan kadar paling murni. Tidak seperti emas 10K, 14K, dan 18K yang terbuat dari paduan emas dan logam lainnya, emas 24K terbuat dari 100% emas murni. Ini memberinya warna yang kuning pekat dan cerah yang sangat menarik perhatian.

Namun saat membeli perhiasan emas, kamu pasti lebih sering menemukan perhiasan 14K atau 18K. Hal ini bukanlah tanpa alasan. Ada beberapa hal yang membuat emas 24K tidak ideal untuk perhiasan. Cari tahu alasannya di bawah ini!

Apa Itu Emas 24K?

cincin emas kuning

BELI SEKARANG

Emas tersedia dalam berbagai tingkat kemurnian. Level-level ini dikategorikan menggunakan sistem karat, yaitu sistem yang mengukur kemurnian emas pada total kandungan emas per 24 bagian.

Jenis emas yang paling umum digunakan dalam perhiasan adalah emas 18K atau 75%, yang mengandung 18 bagian emas murni dari 24 bagian. Enam bagian sisanya terdiri dari logam campuran lain.

Emas 24K adalah emas murni, bukan paduan dua jenis logam. Jenis emas ini memiliki kandungan emas 100%, tanpa perak, seng, nikel, paladium, tembaga, atau logam lainnya.

Dibandingkan dengan emas 10K, 14K, dan 18K, emas 24K memiliki warna oranye kekuningan yang cerah, yang terlihat sangat berbeda dengan emas yang biasanya kita lihat.

Kenapa Perhiasan Emas Asli Harus Dicampur Logam Lain?

Sifat dasar emas murni yang tanpa campuran sangatlah lunak. Emas 24K yang dijadikan perhiasan cenderung tidak tahan lama karena tidak tahan goresan dan mudah berubah bentuk. Karena itu, emas 24K jarang digunakan untuk cincin tunangan, cincin kawin, atau perhiasan emas lainnya.

Untuk mengatasi masalah ini, emas murni harus dicampur logam lain yang lebih keras. Campuran logam seperti perak, tembaga, nikel, atau palladium dapat membantu perhiasan emas menjadi lebih tahan goresan dan mempertahankan bentuknya.

Bagaimana dengan Perhiasan Emas Putih dan Rose Gold?

Banyak orang mengira perhiasan emas putih terbuat dari emas yang berwarna putih, padahal sebenarnya emas murni memiliki warna asli kuning. Untuk mendapatkan warna putih keperakan, emas harus dicampur dengan logam berwarna putih seperti perak dan palladium.

Begitu juga dengan perhiasan rose gold. Logam tembaga yang memiliki rona kemerahan digunakan untuk campuran emas ini. Inilah alasan lain mengapa campuran logam lain sangat berguna untuk perhiasan emas.

[Baca juga: Mengapa Emas 18K Lebih Baik untuk Perhiasan?]

Kenapa Perhiasan Emas 24K Bukan Pilihan Terbaik?

cincin emas kuning hati

BELI SEKARANG

Meskipun masih ada toko perhiasan yang menjual perhiasan emas 24K, ini bukanlah pilihan yang terbaik. Berikut ini adalah beberapa alasan yang bisa kamu pertimbangkan.

Tidak Tahan Lama

Seperti yang telah disebut di atas, perhiasan emas murni sangat rentan terhadap goresan dan mudah bengkok. Untuk pemakaian sehari-hari, tentu saja ini tidak ideal. Apalagi kamu harus menyimpannya dengan sangat hati-hati agar tidak tergores oleh perhiasanmu yang lain.

Harga Lebih Tinggi

Semakin banyak kadar emasnya, tentu harganya akan lebih tinggi. Meskipun kamu mengeluarkan uang lebih banyak, apakah harga ini sebanding dengan perhiasan yang rentan rusak dan hanya bisa kamu pakai sekali-kali saja?

Warna Emas yang Kuat

Warna emas murni sangatlah indah dan berkilau, namun rona kuningnya sangat kuat. Hal ini membuatnya sulit dipadupadankan dengan beberapa warna pakaianmu. Selain itu, warnanya bisa sangat mencolok dan membuat keseluruhan tampilan jadi kurang seimbang.

Kadar Emas Mana yang Paling Ideal?

cincin kawin emas kuning

BELI SEKARANG

Kadar emas yang ideal untuk setiap orang berbeda-beda. Saat kamu memilih emas untuk cincin tunangan atau perhiasan lainnya, penting untuk mempertimbangkan beberapa faktor seperti sensitivitas kulit, tingkat aktivitas, dan selera pribadimu sendiri.

Emas 18 karat memberikan kombinasi terbaik dari warna yang berkilau, daya tahan yang baik dan harga yang masuk akal. Jenis emas ini sejauh ini merupakan pilihan paling populer untuk cincin pertunangan dan perhiasan lainnya.

Namun karena anggaran setiap orang berbeda, kamu bisa juga memilih kadar emas lain seperti yang lebih terjangkau seperti emas 14K atau 10K. Perhiasan emas dengan kadar di bawah 10K tidak bisa lagi dianggap sebagai perhiasan emas.

Kapan Memilih Emas 24K?

logam mulia waris sampoerna

BELI SEKARANG

Meskipun emas murni kurang ideal untuk perhiasan, bukan berarti emas murni sama sekali tidak bisa digunakan. Ada beberapa situasi di mana kamu bisa memilih emas dengan kadar 24 karat.

Kalau kamu tertarik pada emas batangan sebagai investasi, atau kamu sedang mencari perhiasan untuk seserahan pernikahan tradisional, emas 24K biasanya merupakan pilihan yang tepat.

 

Jadi, jangan heran lagi kalau kamu sulit menemukan perhiasan emas 24 karat. Sebelum membelinya, lebih baik kamu mempertimbangkan faktor-faktor di atas.

 

COMMENT

Related Article

Artikel Sebelumnya
 
sales avatar