Mau Jual Emas Batangan? Jangan Lewatkan 4 Hal Ini!

16 / 08

2019

INVESTASI EMAS

Mau Jual Emas Batangan? Jangan Lewatkan 4 Hal Ini!

Tags: Emas Batangan, Investasi Emas, Investasi Emas Batangan

Emas batangan yang kamu beli pada akhirnya pasti akan dijual. Entah itu untuk memenuhi tujuan investasi ataupun karena adanya keadaan mendesak.  Keuntungan berinvestasi emas adalah kamu bisa menjualnya dengan mudah kapan pun di banyak tempat. Jadi, kamu bisa mendapatkan uang tunai dalam waktu cepat.

Meski begitu, dalam berinvestasi emas, bukan hanya ketika membeli emas yang perlu diperhatikan, melainkan juga saat menjual emas agar kamu mendapat harga terbaik. Jadi, walau dalam keadaan terdesak, kamu tidak boleh abai dengan beberapa hal penting ini.

Dengan memperhatikan setidaknya empat hal ini, jual emas batangan bisa lebih mudah, aman, dan jika beruntung kamu bisa mendapat harga jual kembali yang cukup tinggi. Nah, apa saja empat hal tersebut? Yuk, lihat di sini.

Emas Batangan Harus Punya Sertifikat

Emas batangan

Emas batangan saat ini sudah dikemas bersamaan dengan sertifikatnya. Jadi, menyimpan emas beserta sertifikat seharusnya lebih mudah. Kemasan yang menyatu ini juga akan memudahkan kamu ketika hendak menjualnya kembali. 

Oleh sebab itu, kamu perlu menjaga emas sekaligus sertifikatnya sebaik mungkin. Rusak atau hilangnya kemasan yang juga merupakan sertifikat emas akan menyulitkan kamu ketika akan menjualnya.

Emas mungkin bisa dihargai lebih murah daripada seharusnya. Jika begitu, kamu akan rugi karena sudah membeli emas dalam harga mahal, tapi hanya dihargai murah ketika menjualnya.

Cek Harga Emas Batangan Sebelum Jual

Emas Batangan

Beli emas batangan, seperti beli emas ANTAM perlu memperhatikan harga ketika sedang turun. Begitu pun ketika hendak menjual emas.  Kamu perlu cek harga emas ANTAM dan ketika harga naik, kamu bisa jual emas milikmu. Selain cek harga emas, kamu juga bisa mulai membandingkan harga jual kembali di berbagai tempat.  [Baca: Bagaimana Cara Mengetahui Harga Emas Setiap Harinya?]

Ada banyak tempat yang memungkinkan kamu untuk menjual emas selain butik emas ANTAM. Misalnya saja, ORORI yang menerima penjualan emas batangan ANTAM dari masyarakat.  Setelah membandingkan harga emas, kamu bisa mencari harga terbaik yang paling menguntungkan. Sebisa mungkin pantau harga emas setidaknya satu pekan sekali. Jadi, saat ada situasi mendesak kamu tahu di mana sebaiknya menjual emas milikmu.

Jual Emas di Tempat Terpercaya

Emas Batangan

Saat membandingkan harga, kamu juga bisa mencari tempat aman untuk menjual emas. Tempat yang aman dan terpercaya pastinya akan memberi kamu harga jual kembali yang cukup baik.  [Baca: Penyimpanan Emas Manakah yang Paling Aman untuk Anda?]

Kamu bisa menjualnya di butik emas ANTAM, tapi untuk kamu yang menginginkan harga buyback yang cukup tinggi sebaiknya tidak menjual emas di sana. Hal ini karena butik ANTAM biasanya menawarkan harga lebih rendah dibandingkan tempat lainnya. 

Karena itu juga, untuk mendapatkan harga terbaik, kamu perlu mencari tempat lain yang menawarkan harga paling tinggi dibandingkan yang lain, seperti di ORORI atau toko perhiasan lain.  Sebagai informasi, ORORI merupakan reseller resmi ANTAM. Jadi, menjual emas di ORORI pastinya aman dan terpercaya.

Jual Emas Batangan Bergram Kecil

Emas Batangan

Jika kamu dalam keadaan yang membutuhkan uang tunai dalam waktu cepat, menjual emas dalam gram kecil lebih dianjurkan. Hal ini karena emas batangan kecil lebih mudah dijual dibandingkan yang berukuran besar. 

Selain itu, menjual emas yang berukuran kecil bisa lebih efektif. Misal, kamu membutuhkan uang sekitar Rp2 juta, menjual emas batangan 1 gram sebanyak dua keping atau emas batangan 2 gram jauh lebih memudahkan dibandingkan harus menjual emas milikmu yang berukuran 10 gram.

Jika situasi keuangan sudah membaik, membeli emas batangan kecil, seperti 2 atau 5 gram juga terasa lebih ringan. Dengan begitu, simpanan emas kamu bisa kembali ke jumlah semula lebih cepat. Jadi, tidak ada salahnya juga mulai sekarang kamu memvariasikan ukuran emas batangan yang dibeli. Sebagai persiapan untuk situasi mendesak di masa depan.

Jual Emas Kamu Saat…

Emas Batangan

Tentunya tidak ada yang ingin menjual emas saat belum mencapai tujuan investasi. Namun, dalam beberapa situasi menjual emas menjadi tidak terhindarkan. 

Nah, dalam situasi seperti apa saja kamu harus menjual emas kamu? Setidaknya ada tiga situasi yang bisa memaksa kamu untuk menjualnya.

  1. Saat mencapai nilai keuntungan yang diinginkan

Harga emas belum lama ini sedang mengalami kenaikan, nih. Bagi kamu yang membeli emas tujuh atau sepuluh tahun yang lalu, menjual emas sekarang mungkin bisa sangat menguntungkan.  Nah, untuk kamu yang merasa sudah mencapai nilai keuntungan yang diinginkan, bisa menjual emas batangan milikmu. Namun, bagi yang tidak terburu-buru, kamu bisa tunggu lain waktu.

  1. Situasi darurat. 

Kejadian yang tidak terduga bisa terjadi kapan saja. Dalam situasi itu yang biasanya membutuhkan uang cukup banyak, pilihan kadang jatuh pada barang investasi, seperti emas.  Nah, untuk memudahkan, seperti yang disebutkan cobalah menjual emas batangan yang mendekati jumlah uang yang kamu butuhkan.

  1. Mencapai waktu tujuan investasi. 

Ada yang berinvestasi untuk pendidikan anak atau naik haji. Jika anak sudah mencapai usia sekolah atau kamu sudah masuk dalam daftar untuk keberangkatan haji, emas yang kamu simpan sudah bisa dijual.   

 

Melihat grafik harga emas saat ini, emas batangan bisa kemungkinan tembus harga Rp800 ribu pada akhir tahun. Ini kesempatan terbaik untuk kamu yang ingin menjual emas.  Tren ini juga bisa membuat kamu semakin yakin di masa depan harga emas bisa semakin tinggi dan semakin menguntungkan. Tapi, jika kamu masih ingin menyimpan emas batangan milikmu, juga bukan ide yang buruk.

Kamu bisa menyimpannya selama yang diinginkan dan disesuaikan pula dengan kebutuhan. Jika masih ada sumber keuangan lain yang bisa digunakan, menjual emas batangan bisa ditunda.

Namun, jika tidak ada, menjualnya juga tidak masalah selama kamu mencari tempat dengan harga buyback terbaik.  Akan lebih baik, jika emas yang dijual sudah kamu beli beberapa tahun sebelumnya sehingga sekalipun tidak mencapai nilai keuntungan yang ditargetkan, kamu tidak terlalu rugi.

 

CEK HARGA JUAL EMAS HARI INI

COMMENT

Related Article

Artikel Sebelumnya
 
sales avatar