Investasi Emas, Ketahui Statistik Penting Ini Sebelum Investasi

18 / 02

2019

INVESTASI EMAS

Statistik Penting yang Harus Diketahui Saat Investasi Emas

Tags: investasi emas, emas batangan, tips investasi emas

 

Investasi logam mulia adalah subjek yang sangat kompleks. Tidak peduli seberapa berpengetahuan seorang investor, tidak ada jaminan tentang kinerja pasar. Tetapi ada metode yang dapat meminimalkan risiko sambil tetap memastikan keuntungan yang tinggi dari investasi Anda.

Pertama, harus dipahami bagaimana setiap logam mulia digunakan dan diperdagangkan. Meskipun cara-caranya mungkin terlihat mirip, mereka jauh dari identik. Yuk, kita simak bersama beberapa statistik penting yang perlu Anda ketahui sebelum terjun dalam investasi emas!

 

Perhiasan dan Logam Toko

Logam perhiasan terbaik adalah emas. Ini telah terjadi sejak emas pertama kali ditambang ribuan tahun sebelum era bersama. Bahkan, dengan mengesampingkan beberapa tujuan industri, di mana emas biasanya hanya digunakan dalam jumlah kecil, fungsi utamanya adalah estetika dan investasi.

Logam toko mengacu pada nilainya dalam menyimpan logam mulia sebagai mata uang dalam dan dari dirinya sendiri. Perak adalah logam mulia lain yang termasuk dalam kategori ini, tetapi juga digunakan di sektor industri, dan karenanya disebut sebagai logam hybrid.

 

Logam Industri

Logam-logam ini digunakan hampir seluruhnya dalam sektor industri, meskipun platinum kadang-kadang digunakan dalam perhiasan. Palladium, yang merupakan logam industri yang lebih murni dari platinum, sebagian besar digunakan dalam catalytic converter. Kedua logam ini hanya ditemukan di daerah tertentu, yaitu bagian selatan Afrika dan secara sporadis di Rusia.

 

Pengaruhnya pada Pasar

Seperti yang sudah jelas, masing-masing nilai pasar logam ini berubah sesuai dengan berbagai faktor. Ini dapat mencakup penemuan deposit besar logam mulia dan kelangkaannya, perubahan teknologi yang dapat membatasi atau meningkatkan penggunaannya di sektor industri, atau krisis keuangan, seperti yang menyebabkan kenaikan tajam harga emas pada tahun 2008.

Yang unik ini faktor penawaran dan permintaan membuatnya sangat sulit untuk memprediksi pasar. Palladium, misalnya, melonjak harga pada tahun 2009 dan 2016, sementara itu agak kesulitan pada tahun 2012 dan 2015. Sebaliknya, perak melonjak secara besar-besaran pada tahun 2010, namun turun tajam pada tahun 2012. Alasannya beragam dan seringkali mustahil untuk dibayangkan.

 

Diversifikasi

Jadi bagaimana Anda melindungi investasi Anda dari penurunan tajam di pasar? Jawabannya adalah diversifikasi, investasi dalam banyak logam mulia. Ini bekerja dengan hanya mengelola risiko dan melindungi terhadap aspek paling tidak stabil dari investasi logam mulia. Tiga cara utama meliputi:

  • Mengurangi risiko spesifik

  • Melestarikan modal

  • Meningkatkan potensi keuntungan

 

Mengurangi Risiko Tertentu

Seperti dijelaskan sebelumnya, tidak mungkin untuk memprediksi bagaimana suatu komoditas akan bereaksi, apalagi pasar logam mulia yang sangat fluktuatif. Sesuatu yang tampaknya tidak berbahaya di panggung dunia dapat memiliki efek mendalam pada portofolio Anda. Dengan memastikan bahwa investasi Anda tersebar di lebih dari satu komoditas, Anda pada dasarnya memastikan bahwa investasi Anda tidak pernah jatuh di bawah level kritis tertentu.

 

Mempertahankan Modal

Memang akan menjadi peristiwa yang sangat langka bagi beberapa logam mulia, dengan begitu banyak kegunaan terpisah, untuk harga jatuh sekaligus. Logam mulia secara keseluruhan jauh lebih andal daripada masing-masing komoditas, sehingga membayar investasi Anda seluas mungkin.

 

Meningkatkan Potensi Keuntungan

Bahkan ketika pasar tidak sepenuhnya fluktuatif, ia dapat berayun tak terduga. Namun, pada tahun-tahun boom dan bust, ini bisa sangat berbahaya. Pasar menyukai keandalan, tetapi sulit untuk menemukan kondisi keseimbangan ketika pasar itu sendiri secara inheren tidak dapat diprediksi.

Dengan menyebarkan portofolio, investor dapat mengambil untung, bahkan dalam tahun-tahun yang sulit, dengan cara yang hampir tidak mungkin bagi mereka dengan portofolio yang begitu sempit.

 

Investasi emas memang cenderung sederhana dan berisiko rendah, tetapi Anda harus tetap memiliki strategi agar investasi emas dapat membuahkan hasil maksimal. 

Nah, untuk Anda yang ingin membeli logam mulia secara online yang murah dan terpercaya, bisa beli di ORORI, nih. Kami juga reseller resmi dari PT ANTAM, lho!

 

BELI SEKARANG

COMMENT

Related Article

Artikel Sebelumnya
 
sales avatar