Investasi Emas, Berapa Banyak yang Harus Ada dalam Portofolio?

13 / 12

2019

INVESTASI EMAS

Seberapa Banyak Emas yang Harus Kamu Investasikan?

Tags: investasi emas, portofolio investasi, diversifikasi, emas batangan, investasi

 

Saat berinvestasi, diversifikasi sangatlah penting. Diversifikasi adalah strategi yang menggabungkan berbagai macam investasi dalam suatu portofolio. Dengan diversifikasi, kamu bisa mengurangi risiko kerugian saat berinvestasi.

Emas adalah salah satu jenis investasi yang sangat baik untuk diversifikasi, karena emas rendah risiko dan nilainya akan terus meningkat. Selain itu, pergerakan emas biasanya berlawanan dengan pasar saham. Jadi, kalau pasar saham turun, kamu tidak akan terlalu rugi karena harga emas akan meningkat.

Pertanyaannya, berapa banyak emas yang harus ada dalam portofolio kamu? Berapa proporsi yang ideal untuk emas agar kamu bisa mendapat keuntungan maksimal? Cari tahu jawabannya di sini, yuk!

Peran Emas dalam Portofolio Investasi

emas batangan

Apa yang membuat emas berbeda dengan bentuk investasi lain adalah emas tidak hanya dapat mempertahankan nilainya, tetapi juga dapat terus meningkat. Kalau kamu membeli emas sebagai investasi 40 tahun yang lalu, nilainya hari ini akan bertambah 12 kali lipat dari yang kamu bayarkan. 

Kalau kamu misalnya membeli emas pada tahun 2001, kamu akan mendapat keuntungan sekitar empat setengah kali lipat sampai sekarang, bahkan setelah penurunan harga emas dari tahun 2011 saat harganya sedang mencapai puncaknya.

Jadi, kalau kamu mencari investasi safe haven, yang bisa melindungi portofoliomu dari peristiwa ekonomi yang berpotensi merugikan atau kamu ingin mencari penyimpanan aset yang nilainya akan terus berkembang seiring waktu, emas adalah solusinya.

Emas Sebagai Diversifikasi Portofolio

emas batangan

Para penasihat investasi percaya bahwa untuk mengelola kekayaan dan kinerja keuangan jangka panjang yang efektif, diversifikasi portofolio adalah kuncinya. Karena alasan ini, emas dalam portofolio investasi tetap menjadi salah satu cara terbaik untuk melakukan diversifikasi.

Manfaat diversifikasi adalah menjaga asetmu dari peristiwa ekonomi yang tidak terduga. Karena emas adalah aset yang beroperasi baik di luar pasar saham dan sistem perbankan, tidak ada investasi lain yang dapat menawarkan jenis diversifikasi dan perlindungan untuk portofoliomu seperti emas. 

Dengan persentase portofolio yang cukup untuk emas, tidak masalah jika pasar saham jatuh, nilai obligasi turun, atau mata uang mengalami penurunan nilai. Investasi dalam emas dapat menutupi semuanya.

Berapa Banyak Emas yang Harus Ada dalam Portofolio Investasi?

emas batangan

Penasihat investasi akan merekomendasikan untuk memiliki emas dari 5% hingga 20% atau lebih dari keseluruhan portofolio. Investor dari berbagai tingkatan tertarik pada emas sebagai penyimpan nilai yang solid, nyata, dan jangka panjang yang telah terbukti secara historis bergerak secara independen dari aset lain.

Tidak seperti investasi kertas lainnya, emas adalah salah satu aset yang paling berkorelasi negatif dengan saham, jadi ketika saham turun, emas akan naik. Selain itu, emas juga berfungsi sebagai lindung nilai terhadap devaluasi mata uang dan hiperinflasi. 

Penelitian telah menunjukkan bahwa diversifikasi dengan emas dan perak dapat memiliki efek signifikan pada penurunan paparan risiko kerugian. Emas dalam portofolio investasi juga berfungsi untuk melindungi daya beli global, mengurangi volatilitas (ketidakstabilan) portofolio, dan meminimalkan kerugian selama gejolak pasar berlangsung.

 

Nah, dengan mengetahui seberapa banyak emas yang harus kamu miliki dalam portofolio, kamu bisa memaksimalkan keuntungan dari investasimu!

COMMENT

Related Article

Artikel Sebelumnya
 
sales avatar