Model Cincin yang Perlu Anda ketahui

20 / 10

2016

PERHIASAN

16 Model Cincin yang Perlu Anda Ketahui (Part 1)

Tags: model cincin, perhiasan cincin, cincin emas, cincin berlian, model cincin emas, model cincin berlian, cincin antik, batu permata, batu berlian, berlian

Bagi Anda pecinta perhiasan cincin tentu sangat menyenangkan dapat menggunakan cincin dengan berbagai macam bentuk. berikut beberapa model cincin yang perlu Anda ketahui.  

Jenis cincin tidak hanya sebatas cincin pernikahan ataupun cincin tunangan saja, namun ada beberapa model cincin lainnya sesuai dengan style yang sedang berkembang. Jadi, Anda bisa memadu padankan berbagai model cincin sesuai dengan favorit Anda. Nah, berikut beberapa tipe cincin yang perlu Anda ketahui.

 

Cincin Antik

Image source

Model cincin antik menjadi popular karena bentuknya yang biasanya unik namun tetap terlihat cantik. Berbagai model cincin antik bisa Anda pilih untuk Memberikan kesan klasik pada  penampilan Anda. Umumnya, cincin antik ini berusia lebih dari 100 tahun.

 

Cincin Armor

Image source

Model cincin armor semakin banyak beredar di pasaran beberapa tahun belakangan ini. Seorang desainer asal Inggris yang bernama Vivienne Westwood berhasil membuat cincin ini menjadi tren di kalangan para wanita. Cincin ini biasanya memiliki panjang hampir setengah jari dan menutupi ruas jari di bagian tengah.  Desainnya pun sangatlah beragam, beberapa memiliki desain yang sangat feminin, namun beberapa justru dibuat dengan model yang lebih simple agar lebih nyaman saat digunakan.

 

Cincin Batu Permata Kelahiran

 

Image source

Cincin dengan batu permata kelahiran pada dasarnya tergantung pada bulan kelahiran orang tersebut. Model yang digunakan untuk cincin tersebut pun umumnya adalah cincin solitaire yaitu cincin dengan satu batu permata kelahiran.

 

Cincin Cameo

Image source

Kebanyakan cincin model cameo merupakan perpaduan antara cincin antik dan vintage. Model cincin cameo hadir dalam berbagai bentuk yang berbeda antara cincin satu dengan yang lainnya.

 

 

Cincin Claddagh

 

Cincin Claddagh merupakan salah satu cincin tradisional yang digunakan sebagai cincin di Irlandia. Sejak tahun 1700-an, cincin ini merupakan simbol dari cinta dan persahabatan. Ada tiga unsur yang membentuk cincin tersebut, yaitu kedua tangan yang bergabung, hati dan mahkota.

Kedua tangan pada cincin tersebut memegang sebuah hati yang dilingkupi oleh sebuah mahkota. Unsur yang digunakan pada cincin tersebut memiliki arti kualitas cinta (hati), persahabatan (tangan) dan kesetiaan (mahkota). Pada zaman tersebut, menggunakan cincin ini dapat menunjukkan status sosial seseorang yang berbeda.

Tidak hanya itu, cara menggunakan cincin Claddagh memiliki arti tersendiri. Misalnya saja, sebelum Anda menikah cincin tersebut dikenakan pada jari manis di tangan kanan. Jika Anda masih lajang atau belum menikah dan cincin berbentuk hati maka cincin dikenakan pada jari manis dengan bagian hati menghadap ke luar, mengarah ke ujung jari, bukan ke arah pergelangan tangan. Jika Anda masih lajang dan sedang menjalin sebuah hubungan (punya pacar) maka cincin dengan bentuk hati dikenakan menghadap ke arah dalam serta menghadap ke pergelangan tangan.

 

Cincin Cocktail

Image source

Model cincin cocktail telah berkembang pada tahun 1940-an. Tren ini berawal dari sebuah acara cocktail atau makan malam dan para wanita menggunakan cincin dengan batu permata ataupun berlian dengan bentuk yang besar. Batu permata atau berlian dengan ukuran yang besar tersebut akan menghasilkan kilau yang indah.

 

Cincin Tunangan

Dapatkan cincin tunangan di sini

Cincin tunangan sudah ada sejak zaman Mesir Kuno.  Bermula pada tahun 1477, di mana ketika Archduke Maxilian yang berasal dari Jerman memberikan sebuah cincin berlian untuk melamar Mary of Burgundy. Semenjak saat itu, cincin berlian dianggap sebagai sebuah tradisi yang dilakukan oleh hampir semua pasangan untuk melamar.

 

Cincin Kawin

Dapatkan cincin kawin etnik 1009 di sini

Sejak zaman Raja Firaun Mesir yang pertama kali menggunakan lingkaran (sesuatu yang berbentuk  bulat menyerupai cincin) sebagai simbol keabadian. Akan tetapi, penggunaan cinci  nikah yang melambangkan janji antar pasangan terjadi sejak zaman ROmawi.

Cincin nikah pertama yang dibuat mereka berbahan besi sederhana dan mulai berkembang pada abad pertengahan dengan menggunakan bahan emas dan permata.

 

COMMENT

Related Article

Artikel Sebelumnya
 
sales avatar