Emas dan Perak, Bagaimana Mengetahui Keasliannya?

24 / 03

2016

PERHIASAN

Emas & Perak, Bagaimana Mengetahui Keasliannya?

Tags: emas, perhiasan perak, emas batangan

Apakah emas ataupun perak yang Anda beli asli atau imitasi? Lalu bagaimana cara Anda membuktikan sebuah logam emas atau perak yang Anda miliki asli? Nah, berikut ada beberapa cara untuk mengetahui apakah emas atau perak yang Anda miliki asli atau palsu.

 

Memverifikasi sebuah logam emas merupakan salah satu hal yang penting saat Anda membelinya. Pasalnya, jika Anda gagal memastikan apakah emas yang dibeli asli, maka Anda akan merasa rugi, baik secara materi maupun waktu. Namun Anda bisa melakukan pengecekan sendiri untuk mengetahui apakah emas tersebut asli atau tidak.

Cincin Berlian Hook Infinity

cincin emas kuning

BELI SEKARANG

Tanda-Tanda 

Ketika Anda akan memeriksa sebuah potongan emas atau perak, hal yang harus Anda periksa adalah beberapa tanda yang dari emas atau perak itu sendiri. Hampir semua emas atau perak memiliki sebuah tanda dari produsen emas tersebut, sehingga setiap emas yang dijual memiliki tanda dan ciri masing-masing.

Nah, tanda atau ciri umum lainnya yang perlu Anda ketahui dari sebuah emas atau perak antara lain berat, kemurnian, nomor seri, dan tahun pembuatan. Jadi, bisa dibilang jika tidak ada beberapa tanda ini, emas termasuk dalam indikasi imitasi atau palsu.

Selain beberapa ciri tersebut, Anda pun harus membandingkan hal-hal kecil seperti ukuran font apakah sama dengan yang asli atau tidak. Hal-hal ini dapat membantu Anda dalam memastikan apakah emas atau perak yang Anda beli asli atau tidak dengan mudah.

 

Cincin Tiga Mata Berlian

cincin emas berlian three stone

BELI SEKARANG

  

Bagian Tepi 

Jika emas Anda berbentuk koin, salah satu hal yang bisa Anda lihat cirinya adalah pada bagian tepi. Hal ini paling sulit untuk ditiru atau dipalsukan. Pasalnya, setiap desain koin memiliki desain yang berbeda-beda setiap koin.

Misalnya saja ada beberapa yang tampak halus atau memiliki huruf kecil ‘reeding’, ada pula yang Nampak polos atau bergaris-garis disepanjang tepi koin. Nah, amati tepi koin apakah sesuai dengan desain koin tertentu atau tidak. Jika koin palsu, umumnya mereka akan membuat koin emas dengan reeding atau tepi yang salah.

  

Ketebalan Sisi

Para peniru atau pembuat emas palsu sering kali tak berhasil jika menirukan sebuah koin emas. Pasalnya, ketebalan sisi koin akan mengacu pada tinggi dari koin yang dikaitkan dengan permukaan koin. Banyak desain koin emas dibuat dengan standar yang sama.

Nah, para pemalsu cenderung membeuat koin sesuai standar tersebut, namun biasanya kualitas yang dihasilkan sangat rendah hingga bisa dibedakan. Umumnya, orang dapat merasakan perbedaan hanya dengan menyentuh dan merasakan sendiri koin tersebut.

 

Cincin Berlian Solitaire Bezel Setting

cincin emas kuning

BELI SEKARANG

  

Berat & Ukuran 

Berat dan ukuran sebuah emas dapat dilihat pada sertifikat yang Anda dapatkan saat membeli emas tersebut. Jadi berat sebuah emas akan sulit untuk dipalsukan, karena Anda dapat mengecek dengan mudah berat sebuah emas. Untuk ukuran emas sendiri, ada sebuah alat yang dapat mengukurnya. Umumnya alat tersebut terdapat di toko emas professional.

  

Beberapa cara di atas diharapkan dapat membantu Anda untuk mendeteksi apakah emas atau perak yang Anda beli asli atau tidak. Namun, untuk menghindari pembelian emas atau perak palsu, ada baiknya untuk membeli pada toko perhiasan yang terpercaya. Dengan begini, Anda tak akan pernah tertipu dan mendapatkan emas atau perak palsu.

 

 

COMMENT

Related Article

Artikel Sebelumnya
 
sales avatar