Cincin Tunangan dan Cincin Kawin, Ini 7 Perbedaannya!

08 / 02

2021

CINCIN KAWIN

Cincin Tunangan vs. Cincin Kawin: Apa Bedanya?

Tags: cincin kawin, cincin tunangan, perbedaan cincin tunangan dan cincin kawn

Cincin tunangan dan cincin kawin adalah simbol komitmen pasangan untuk menjalani hubungan yang lebih serius. Tradisi mengenakan kedua cincin ini bahkan sudah dimulai sejak ratusan tahun lalu pada zaman Romawi kuno.

Di Indonesia sendiri, tradisi ini juga dijalankan oleh sebagian besar pasangan. Namun, tahukah kamu bahwa cincin pertunangan dan cincin nikah itu tidaklah sama? 

Perbedaan Cincin Tunangan dan Cincin Kawin

Walau sama-sama menjadi penanda ikatan kamu dan pasangan, tetapi cincin pertunangan dan cincin pernikahan adalah dua hal yang berbeda. Ini dia tujuh perbedaan yang perlu kamu ketahui.

  • Waktu Penggunaan

Perbedaan utama dari kedua cincin ini adalah waktu saat cincin tersebut digunakan. Cincin pertunangan biasanya diberikan pria saat melamar pasangannya. Jadi, cincin ini digunakan saat pasangan sudah sama-sama berkomitmen ke jenjang yang lebih serius, tetapi belum memasuki tahap pernikahan.

Sementara, cincin kawin pertama kali digunakan saat kamu dan pasangan mengucapkan janji pernikahan, misalnya saat akad nikah. Jika cincin pertunangan digunakan sebelum menikah, cincin pernikahan akan digunakan begitu kamu dan pasangan resmi terikat pernikahan.

  • Siapa yang Menggunakan

Cincin Berlian Solitaire 1028

cincin tunangan berlian emas putih

BELI SEKARANG

 

Secara tradisi, cincin pertunangan atau cincin lamaran hanya digunakan wanita. Akan tetapi, beberapa tahun belakangan ini, sejumlah pasangan sepakat menggunakan cincin ini bersama-sama. 

Berbeda dengan cincin lamaran, cincin nikah biasanya digunakan pria dan wanita. Sebenarnya, hal ini bukanlah aturan baku. Jadi, kamu dan pasangan bisa menggunakannya sesuai kesepakatan kalian berdua.

  • Jumlah Cincin

Jika kamu mengikuti tradisi, yaitu hanya wanita yang mengenakan cincin pertunangan, maka kamu cukup menyiapkan satu cincin saja. Lain halnya dengan cincin pernikahan yang digunakan kedua pihak, sehingga kamu harus menyiapkan sepasang cincin.

  • Posisi Cincin

Kedua cincin ini juga digunakan di jari yang berbeda. Cincin pertunangan biasanya digunakan di jari manis tangan kiri, sedangkan cincin nikah di jari manis tangan kanan. Meski begitu, beberapa orang tidak terlalu ambil pusing dengan penggunaan cincin ini. 

  • Desain Cincin

Everlasting Collection 6003

cincin kawin berlian dari emas kuning 18K

BELI SEKARANG

 

Dari segi desain, dua cincin ini juga umumnya memiliki perbedaan. Cincin tunangan biasanya memiliki desain yang lebih elegan. Itu sebabnya, biasanya cincin ini dilengkapi dengan batu permata. Salah satu batu permata yang banyak dipilih untuk cincin tunangan adalah batu berlian.

Selain itu, model cincin tunangan yang paling banyak dipilih, di antaranya cincin solitaire, cincin three stone, dan cincin halo.

Cincin nikah sendiri biasanya hadir dengan desain yang lebih minimalis. Hal ini dikarenakan, cincin nikah umumnya digunakan setiap hari, sehingga banyak pasangan yang mengandalkan kenyamanan saat memilihnya.

Sejumlah pasangan memilih desain cincin kawin emas tanpa berlian yang sederhana. Namun, ada juga yang memilih cincin kawin berlian berdesain eternity yang elegan, tetapi tetap nyaman digunakan sehari-hari.

  • Harga Cincin

Masalah harga tentu saja kembali pada desain cincin yang dipilih kamu dan pasangan. Umumnya, harga cincin tunangan berlian dengan bahan dasar emas dimulai dari 3 jutaan. Harga ini akan lebih tinggi jika spesifikasi berlian yang kamu pilih juga tinggi.

Dalam menentukan spesifikasi batu berlian, kamu dapat mengacu pada 4C, yaitu cut, color, clarity, dan carat.

Sementara, harga sepasang cincin kawin perak dengan berlian biasanya berkisar antara tiga hingga empat jutaan. Lalu, harga sepasang cincin kawin berlian dimulai dari tujuh jutaan.

  • Lama Penggunaan

Umumnya, cincin pertunangan hanya akan digunakan pada masa pertunangan hingga pernikahan. Begitu pasangan resmi menikah, maka cincin pertunangan bisa dilepaskan dan diganti dengan menggunakan cincin kawin seumur hidup.

Namun, beberapa tahun terakhir, tren ring stacking atau menumpuk cincin begitu digemari. Itu sebabnya, banyak pasangan yang mencocokkan desain cincin pertunangan dan cincin pernikahan agar bisa ditumpuk dan digunakan bersamaan.

Bolehkah Menggabungkan Cincin Tunangan dan Cincin Kawin?

Everlasting Collection 6011

cincin kawin berlian emas putih

BELI SEKARANG

 

Jawabannya, tentu saja boleh. Penggunaan kedua cincin ini hanyalah sebuah tradisi dan bukan keharusan. Jadi, kamu bisa memilih membeli atau menggunakan salah satunya saja, terutama jika kamu ingin menghemat budget atau biaya pernikahan.

Sejumlah pasangan yang ingin menekan biaya pernikahan, biasanya memilih membeli cincin pertunangan yang kemudian digunakan sebagai cincin nikah. Awalnya, cincin ini akan digunakan pasangan di jari manis tangan kiri saat bertunangan. Begitu sudah menikah, cincin ini akan digunakan di jari manis tangan kanan.

 

Cincin tunangan dan cincin kawin memang didesain untuk tujuan yang berbeda. Namun, penggunaan dan pemilihannya kembali ke preferensi kamu dan pasangan. Jika kamu dan pasangan sedang mencari kedua cincin ini, kamu bisa lihat referensi di bawah ini atau kunjungi toko perhiasan online ORORI.

 


 

COMMENT

Related Article

Artikel Sebelumnya
 
sales avatar